STRATEGI PEMBELAJARAN KSUPP (P) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI MADRASAH IBTIDAIYAH UIN JAKARTA

  • Asep Ediana Latif UIN Jakarta, Indonesia
  • Meiskyarti Luma IAIN Manado, Indonesia
Keywords: learning strategies, speaking skills

Abstract

Berbicara adalah salah satu bentuk keterampilan berbahasa yang penting dimiliki oleh siswa. Keterampilan berbahasa berbicara telah dilatihkan sejak dini. Namun, hasil pembelajaran berbicara masih sangat jauh dari harapan. Masih Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran berbicara. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa sikap mental, seperti rasa malu, takut, cemas, dan tidak percaya  diri  menjadi  faktor  yang paling utama  menyebabkan  kesulitan  dalam pembelajaran. adapun penghambat lain adalah motivasi yang kurang, kebiasaan belajar yang buruk, penguasaan kebahasaan yang masih rendah, hubungan/interaksi antara guru dan siswa yang masih rendah, media pembelajaran yang kurang menarik, dan hubungan/interaksi antarsiswa yang belum terjalin. Hal lain yaitu keterbatasan pemahaman guru mengenai strategi pembelajaran keterampilan berbicara yang dapat mengakibatkan kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Padahal, dalam strategi pembelajaran ini adalah salah satu aspek yang menentukan kebarhasilan pembelajaran. Karena hal itu, guru dituntut lebih memiliki pemahaman yang memadai dan mampu menerapkan berbagai bentuk strategi dalam pembelajaran keterampilan berbicara. Strategi pembelajaran yang akan dipilih seharusnya mampu memberikan kesempatan selebar-lebarnya pada siswa untuk berlatih berbicara, bukan hanya belajar tentang bahasa. Strategi pembelajaran yang utama tentunya akan mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa.

References

Dewantara, I P. M. Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIIE SMPN 5 Negara dan Strategi Guru untuk Mengatasinya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. 2012.
Isjoni.. Cooporative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta. 2007
Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group. 2009.
Tarigan, H.G. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa. 2015.
Published
2023-04-06
How to Cite
Latif, A., & Luma, M. (2023, April 6). STRATEGI PEMBELAJARAN KSUPP (P) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DI MADRASAH IBTIDAIYAH UIN JAKARTA. Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 25-32. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/jiee.v1i1.214