Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MI Nahdlotus Sibyan Sugihan Jatirogo Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022, dampak dari upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas  guru di MI Nahdlotus Sibyan Sugihan Jatirogo Tuban Tahun Pelajaran 2021/2022, serta faktor yang mendukung dan menghambat upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru.


Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan trianggulasi data.


Hasil penelitian ini adalah pertama, upaya kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru meliputi: kegiatan mengadakan rapat rutin guru minimal 1 kali dalam 1 bulan, menugaskan guru dalam kegiatan workshop, menugaskan guru dalam kegiatan KKGMI, melaksanakan supervisi guru, melakukan komunikasi individual dengan guru. Kedua, hasil yang dicapai dari implementasi upaya kepala madrasah yaitu: dapat meningkatkan kompetensi kedisiplinan guru, ketertiban berorganisasi dan kompetensi sosial guru, meningkatkan kompetensi profesional guru, memperluas pengetahuan guru serta mendapatkan ilmu yang baru sehingga mampu menerapkannya dalam proses pembelajaran, meningkatkan kompetensi pedagogik guru, menanamkan kepribadian yang bertanggung jawab terhadap profesi. Ketiga, faktor pendukung dan faktor penghambat dari upaya kepala madrasah yaitu: faktor pendukung meliputi: kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah, semangat untuk menjadi guru yang profesional. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya yaitu: perasaan sungkan kepala madrasah kepada guru yang lebih tua dan lebih lama mengajar di sekolah tersebut, dan minimnya alokasi dana untuk kesejahteraan guru.