Abstract

Penguatan pendidikan karakter merupakan proses pembentukan, transformasi, dan pengembangan potensi peserta didik agar memiliki pikiran yang baik, hati yang baik, dan perilaku yang baik, sesuai dengan falsafah pancasila sebagai pedoman hidup bangsa Indonesia. Penelitian ini berfokus pada penguatan Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas bukan hanya untuk kepentingan individu, tetapi juga untuk masyarakat secara keseluruhan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif kualitatif, metode pengumpulan data pada penelitian ini antara lain yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini ada 3 proses yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa  : 1) Penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka MTs Darussalam Kanten Trucuk Bojonegoro melaui memenuhi buku syarat kecakapan umum(SKU) yaitu memberikan rangsangan dan dorongan bagi para siswa dalam memperoleh kecakapan, pembina yang mumpuni yaitu dengan mengikuti kursus pembina mahir tingkat dasar dan mengamalkan nilai-nilai pada dhasadarma dalam kehidupan sehari-hari. 2) Adapun faktor pendukung penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka MTs Darussalam Kanten Trucuk Bojonegoro yaitu: aturan yang mendukung seperti izin dari pihak sekolah dalam pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka, pembina yang mumpuni dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor    penghambatnya yaitu: kurangnya kesadaran siswa yang mana siswa lebih cenderung bermain dirumah dari pada mengikuti ekstrakurikuler pramuka dan kurangnya sarana dan prasarana yang menghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka.