Abstract

Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Di sisi lain, tidak semua sekolah memiliki mutu yang tinggi untuk mencapai tujuan tersebut. Pada dasarnya tujuan utama lembaga pendidikan adalah meningkatkan standar Pendidikan, hal ini merupakan aspek terpenting dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkelanjutan, oleh karena itu para pendidik dan anggota staf lainnya perlu mematuhi prinsip-prinsip manajemen sambil menerapkan perubahan atau pengembangan yang membawa pendidikan lebih dekat ke kualitas.  Dengan menggunakan pendekatan tinjauan teoritis yang membandingkan dan menganalisis teori-teori terkini, tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk menemukan, meninjau, dan membahas subjek dari sudut pandang teoritis, serta untuk membandingkan dengan teori-teori sebelumnya. Hasil  dari  tinjauan teoritis  ini  yaitu  konsep mutu Pendidikan yang baik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang dibagi menjadi dua, pertama faktor input, proses, dan output, kedua faktor penunjang yang terdiri atas karakteristik guru, sarpras, kurikulum dan lingkungan. Sehingga dapat kita ketahui  bahwa faktor yang memengaruhi kualitas mutu pendidikan merupakan  bagian  yang terkoneksi dan   tidak  bisa  dipisahkan.  Faktor-faktor tersebut  dapat meningkatkan  pendidikan  yang  lebih  bermutu  serta menjadi   indikator   atau   standar   pendidikan   dan   pengajaran.