KONSEP MUTU PENDIDIKAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Abstract
Sekolah merupakan tempat berlangsungnya proses belajar mengajar dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Di sisi lain, tidak semua sekolah memiliki mutu yang tinggi untuk mencapai tujuan tersebut. Pada dasarnya tujuan utama lembaga pendidikan adalah meningkatkan standar Pendidikan, hal ini merupakan aspek terpenting dalam menciptakan sistem pendidikan yang berkelanjutan, oleh karena itu para pendidik dan anggota staf lainnya perlu mematuhi prinsip-prinsip manajemen sambil menerapkan perubahan atau pengembangan yang membawa pendidikan lebih dekat ke kualitas. Dengan menggunakan pendekatan tinjauan teoritis yang membandingkan dan menganalisis teori-teori terkini, tujuan artikel ilmiah ini adalah untuk menemukan, meninjau, dan membahas subjek dari sudut pandang teoritis, serta untuk membandingkan dengan teori-teori sebelumnya. Hasil dari tinjauan teoritis ini yaitu konsep mutu Pendidikan yang baik dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, yang dibagi menjadi dua, pertama faktor input, proses, dan output, kedua faktor penunjang yang terdiri atas karakteristik guru, sarpras, kurikulum dan lingkungan. Sehingga dapat kita ketahui bahwa faktor yang memengaruhi kualitas mutu pendidikan merupakan bagian yang terkoneksi dan tidak bisa dipisahkan. Faktor-faktor tersebut dapat meningkatkan pendidikan yang lebih bermutu serta menjadi indikator atau standar pendidikan dan pengajaran.