A STRATEGI WAKIL KEPALA URUSAN KURIKULUM DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM SALE REMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1)Menjelaskan strategi yang dilakukan oleh wakil kepala bidang kurikulum dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka Di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sale Rembang 2) menjelaskan bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka Di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sale Rembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data sederhana digunakan dalam penelitian ini, yaitu semua data di reduksi, diverifikasi kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Strategi yang dilakukan oleh wakil kepala bidang kurikulum dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka menggunakan strategi fungsional dengan kerangka – kerangka menejemen 2) Implementasi kurikulum Merdeka di Madrasah Tsanawiyah Darussalam Sale Rembang masih dalam tahap siap belum mampu sampai tahap mahir, hal ini terjadi karena kendala - kendala yang terjadi.