Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk mendiskripsikan stratgi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif subyek peneliti adalah kepala sekolah, guru, waka kesiswaan, siswa, dan wali siswa.objek dari peneliti ini adalah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa.dalam proses pencarian data peneliti menggunakan metode Observasi, Wawancara, Dokumentasi.Hasil penelitian yang dilakukan menunjukakan kesimpulan yang di dapatkan yaitu: 1.Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di SMP Assyaf/iyyah Laju Lor Singgahan Tuban tahun 2023/2024 dengan teori yang sudah ada yaitu mengajarkan, pembiasaan, menegakakn tata tertib, memberikan bimbingan, Punishment dan reward 2.faktor penghambat dan pendukung dalam mendisiplikan siswa, yaitu faktor penghambat meliputi karakter pribadi siswa malas), pertemanan, gaya style, lingkungan keluarga. Faktor pendukung dari kedisiplinan meliputi abseni Data absensi siswa, sarana prasarana Sarana dan prasarana, tata tertib.